Pemilihan Router dan Switch


Nama               : Septi Retno Desi Purnoningtyas
NIM                : 100533402572         
Prodi               : S1 Pendidikan Teknik Informatika Offering D

Pemilihan Switch dan Router
1.    Switch
Switch adalah device yang berfungsi menghubungkan multiple komputer pada layer protokol jaringan level dasar. Switch beroperasi pada layer dua (Data Link Layer)  dalam OSI model. Switch memiliki banyak port dan memiliki domain collision sendiri-sendiri pada setiap portnya. Dengan menggunakan switch pengiriman data dari port ke port dapat dilakukan secara full duplex.

Faktor-Faktor Pemilihan Switch
Terdapat beberapa faktor dalam memilih Switch, beberapa diantaranya adalah:
a.       Biaya
Biaya dari sebuah switch ditentukan oleh kapasitas dan fiturnya. Kapasitasswitch tersebut meliputi jumlah dan jenis port yang tersedia dan kecepatanswitching nya. Faktor-faktor lain yang berdampak biaya adalah kemampuanmanajemen jaringannya, teknologi keamanannya, dan teknologi switchingyang canggih.
b.      Kecepatan dan Jenis Port / Interface
Menggunakan perangkat layer 2 dapat meningkatkan kecepatan jaringan. Saatmemilih switch, keputusan pentingnya terdapat pada jumlah dan jenis port yang akan digunakan.
Pemilihan Switch dalam jaringan kampus harus menghasilkan keuntungan berikut:
a)      High band High band idth width
b)      Improved performance
c)      Low cost
d)     Easy configuration

2.    Router
Router adalah alat yang dapat menghubungkan dua atau lebih jaringan komputer yang berbeda seperti gateway. Router bekerja di network layer pada OSI model. Router  memiliki kemampuan melewatkan paket IP dari satu jaringan ke jaringan lain yang mungkin memiliki banyak jalur diantara keduanya.
Router bekerja dengan melakukan konfigurasi informasi-informasi yang disimpan di dalam sebuah lokasi yang disebut dengan routing table, router akan mem-filter traffic yang keluar masuk dalam jaringan berdasarkan alamat IP si pengirim dan penerima. Karena sifatnya yang mampu mem-filter, menahan dan mengantarkanpaket-paket data ke tujuan yang benar maka router biasanya digunakan  dalam jaringan yang kompleks seperti WAN.

Faktor-Faktor Pemilihan Router
Saat memilih router, harus dicocokkan karakteristik router dengan tujuan-tujuan yang sesuai. Mirip dengan switch, biaya, jenis interface dan kecepatannya menjadi faktor pertimbangan. Faktor-faktor tambahan dalam pemilihan sebuah router meliputi:
-       Expandability
Perangkat jaringan, seperti router dan switch, harus mempunyai konfigurasi fisik yang tetap dan termodul. Konfigurasi tetap mempunyai nomerdan jenis port/interface yang spesifik. Perangkat yang termodul memiliki slotekspansi yang memberikan fleksibilitas dalam penambahan modul-modul barusebagai persyaratan untuk berkembang. Sejak router digunakan untuk menghubungkan nomor dan jenis jaringan yang berbeda-beda, pemilihan modul-modul dan interface yang sesuai untuk media khusus harus diperhatikan.
-       Fitur Sistem Operasi
Tergantung pada versi sistem operasi, router dapat mendukung fitur dan layanan tertentu seperti:
a.       Keamanan
b.      Kualitas Layanan (QoS)
c.       Voice over IP (VoIP)
Layanan khusus tersebut seperti Network Address Translation (NAT) dan Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP).Untuk pemilihan perangkat, anggaran merupakan pertimbangan yang penting. Router harganya mahal berdasarkan pada interface dan fitur yang diperlukan. Modul tambahan, seperti serat optik, dapat meningkatkan biaya meskipun dengan kualitas lebih baik. Hal ini harus dipertimbangkan supaya biayanya minimum.
-       Media
Pemilihan media sangat penting untuk membuat koneksi pada LAN atauWAN, maka dari itu diperlukan pertimbangan berbagai jenis media yangdipergunakan. Seperti yang diketahui, saat ini terdapat berbagai lapisan fisik yangmendukung implementasi beberapa jenis media:
a.    UTP (Kategori 5, 5e, 6, dan 7
b.    Serat Optik
c.    Wireless
Untuk pemilihan Router dalam jaringan kampus harus menghasilkan keuntungan berikut:
a.       Broadcast firewalling
b.      Hierarchical addressing
c.       LAN ommunication between dissimilar LANs
d.      Fast convergence
e.       Policy routing
f.        QoS routing
g.      Security
h.      Redundancy and load balancing
i.        Traffic flow management
j.        Multimedia group membership


Daftar Rujukan
Soepandi, Dede.2008. Instalasi dan Konfigurasi Jaringan Komputer. Bandung: Informatika
Pribadi, Harijanto.2003. Router Linux menggunakan Fressco dan FlopyFW. Yogyakarta: Andi Offset
Utomo, Eko Priyo.2006. Pengantar Jaringan Komputer bagi Pemula.Bandung: Rama Widya
Agus, Nugroho. 2010. Dasar-dasar Desain Jaringan.pdf
Khannedy, Eko Kurniawan. Tanpa Tahun. Internetworking, Diktat Mata Kuliah

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda

MACAM-MACAM TENIK PENILAIAN HASIL BELAJAR

REFLEKSI: PERAN GURU PADA PEMBELAJARAN ABAD 21