REFLEKSI: PERAN GURU PADA PEMBELAJARAN ABAD 21

Guru abad 21 harus dapat mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran yang menggabungkan pengetahuan tentang pedagogi, pengetahuan tentang konten, dan pengetahuan tentang teknologi.                 

                Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membawa banyak konsekwensi bagi dunia pendidikan, salah satunya perubahan paradigma guru. Penyesuaian peran guru perlu dilakukan utamanya karena adanya perubahan karakteristik peserta didik generasi mileneal menjadi karakteristik generasi z, istilah yang mewakili generasi abad 21 sehingga memerlukan orientasi dan cara pembelajaran yang inovatif. Guru dituntut dapat mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran yang menggabungkan pengetahuan tentang pedagogi, pengetahuan tentang konten, dan pengetahuan tentang teknologi. 

                Guru harus mampu menciptakan pembelajaran yang inovatif yang mampu mengantarkan peserta didik untuk terampil dalam 4C (Creativity, Collaboration, Critical Thingking, dan Communication). Guru melayani kebutuhan peserta didik untuk belajar tanpa batas ruang dan waktu dengan strategi pembelajaran yang sesuai dengan keadaan sekarang ini. Selain itu  secara penampilan  Guru  perlu tampil memesona di hadapan peserta didik karena dapat memberikan sentuhan langsung yang berpengaruh kuat terhadap motivasi belajar peserta didik. Guru memesona yang selalu penuh semangat, canggih, humoris, cerdas membuat analogi dan metafora, mampu berempati dan memahami konteks berpikir peserta didik. Guru di abad 21 dituntut untuk menyesuaikan perkembangan zaman sejak dari merencanakan, melaksanakan pembelajaran, melakukan penilaian, membimbing dan melatih serta melaksanakan tugas tambahan yang diamanahkan. Pada intiya kreatif dan inovatif menjadi tuntutan bagi guru di abad 21.

                Guru adalah profesi dengan keahlian khusus yang memerlukan proses pendidikan lama sebelum menjadi guru sekaligus seorang profesional yang terus mau belajar sepanjang hayat (life long education). Salah satu ciri seorang profesional adalah terus mengembangkan diri secara aktif dan berkelanjutan, menghargai pengalaman dan memiliki sifat reflektif. Paradigma guru dari professional teaching berubah menjadi professional learning, artinya guru bukan sekedar mengajar namun juga belajar yang berkelanjutan (continuous professional learning). Harapan terbesar dari inovasi adalah kemauan guru untuk secara sadar mau meningkatkan profesionalisme diri secara berkelanjutan sehingga semakin mempertinggi mutu pengalaman belajar peserta didik. Guru memiliki peran utama bukan sekedar melaksanakan reformasi pendidikan, namun harus terlibat dalam merumuskan konsep dan desain reformasi pendidikan yang diperlukan. Guru abad 21 perlu bertindak akademis dan mampu mengambil keputusan-keputusan pedagogis saat melaksanakan tugas utama. Kemampuan guru ini harus terus dipelihara dan berkembang secara akumulatif memanfaatkan pengalaman sebelumnya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda

MACAM-MACAM TENIK PENILAIAN HASIL BELAJAR